Citilink Telah Membebastugaskan Pilot yang Disangka Mabuk

kabin-pesawatMaskapai penerbangan Citilink Indonesia membebastugaskan pilot yang disangka mabuk waktu bakal menerbangkan pesawat QG 800 jurusan Surabaya-Jakarta.

Presiden Direktur Citilink Indonesia, Albert Burhan menyampaikan, pihaknya juga bekerja sama juga dengan Kementerian Perhubungan untuk lakukan investigasi kelanjutan pada pilot itu.

” Citilink begitu serius dalam mengatasi permasalahan ini. Sekarang ini, pilot telah dibebastugaskan sampai sistem kontrol usai serta investigasi tengah dikerjakan sesuai sama prosedur, ” tutur Albert dalam info tercatat yang di terima, Jakarta, Kamis (29/12/2016).

Albert menjelaskan, Citilink Indonesia tak mentolelir aksi pilot yang meremehkan ketentuan serta prosedur penerbangan. Hingga, dianya telah menyiapkan sanksi tegas kelanjutan, termasuk juga pemecatan.

Pihaknya juga sudah memohon pilot itu untuk lakukan kontrol di Balai Kesehatan Penerbangan serta Instansi Kesehatan Penerbangan.

” Kontrol kelanjutan itu dikerjakan sepanjang dua hari dari mulai Rabu sampai Kamis, serta akhirnya baru di ketahui kurun waktu 1 minggu, ” tuturnya.

Dianya mengimbau pada semua awak pesawat serta staf untuk mematuhi ketentuan yang berlaku serta Citilink Indonesia akan tidak segan menjatuhkan sanksi untuk yang tidak mematuhi.

” Selama ini Citilink berbarengan Kemenhub dengan cara teratur bertindak preventif kontrol kesehatan untuk melindungi kelaikan serta kelancaran penerbangan, ” ujarnya.

Terlebih dulu, seseorang pemakai Twitter pada Rabu (28/12/2016) pagi menuliskan kalau pilot penerbangan Citilink rute Surabaya – Jakarta yang ditumpanginya mabuk sebelumnya take off.

Menurut account itu, sangkaan pilot yang mabuk itu berdasarkan nada pilot yang terdengar ngelantur waktu memberi pengumuman melalu public announcer (PA) didalam kabin pesawat.

PT Citilink Indonesia (Citilink) gagasannya akan tidak memakai layanan pilot asing lagi. Dengan 200 pilot yang dipunyai sekarang ini, Citilink bakal mengoptimalkan pilot lokal.

CEO Citilink Arif Wibowo, menerangkan sekarang ini ada 38 pilot asing di Citilink. Yang akan datang Citilink cuma bakal merekrut pilot berkebangsaan Indonesia saja. ” Semuanya pilot Citilink dari lokal semuanya kelak, ” tutur Arif, Jumat (24/1/2014).

Arif menerangkan, pada awal terbentuknya Citilink, memerlukan pilot penambahan secepat mungkin saja. Lantaran argumen itu Citilink merekrut pilot asing. ” Tempo hari saat transisi saja lantaran instruktur untuk pilot masihlah terbatas, saat ini telah tercukupi, ” ungkap Arif.

Citilink berjanji bakal menyerap tenaga kerja lokal semakin banyak lagi. Hal semacam itu sebagai pembuktian kalau Citilink sebagai maskapai nasional dapat mensupport tenaga kerja Indonesia. ” Kita perusahaan nasional mesti mendorong tenaga kerja nasional, ” tutur Arif.

Sekarang ini Citilink memerlukan 64 pilot baru. Sedang 1 set pesawat ada 8 pilot. Gagasannya Citilink akan memberi 8 pesawat baru, yang membawa keseluruhan pesawat Citilink sejumlah 32 pesawat.

Sekarang ini Citilink sudah menjalankan 22 pesawat Airbus A320 untuk melayani 21 rute domestik dengan 19 kota maksud serta 130 frekwensi penerbangan ke beragam kota di lokasi. Perseroan membidik sampai akhir th. mempunyai 30 pesawat dengan type yang sama.

” Nanti Citilink penerbangannya tidak cuma domestik namun ke regional juga. Bila sampai November pesawat jadi 24 serta hingga akhir th. dapat meraih 30 pesawat. Lantas menambahkan frekwensi akan berlangsung, jadi 200 frekwensi diakhir th., ” papar Arif. (Adiatmaputra Fajar Pratama)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *