Kemendag Yakinkan Stock Pangan Ada serta Harga Stabil

menteri-perdaganganKementerian Perdagangan (Kemendag) meyakinkan stock keperluan pokok memenuhi sampai empat bln. ke depan.

Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita menyampaikan, dengan terdapatnya stock di lapangan, jadi diinginkan tak ada kenaikan harga keperluan pokok.

” Hasil pantauan kami tunjukkan relatif stabil, supply distributor cukup serta aman dan keadaan pelabuhan jalan lancar, ” tutur Enggartiasto waktu konfrensi pers di Kementerian Perdagangan, Jakarta, Jumat (23/12/2016).

Berkaitan komoditas beras, Kemendag sudah bekerjasama dengan Entrepreneur Beras Indonesia (Perpadi) serta Pasar Induk Beras Cipinang.

” Tentang beras, kami telah bicara dengan Perpadi serta Pasar Induk Cipinang. Mereka menyebutkan minimun tiga hingga empat bln. ke depan aman, umumnya dengan rotasi 25 sampai 30 ribu ton beras /hari, ” imbuhnya.

Mendag menerangkan, terkecuali stock beras punya Perpadi serta Pasar Induk Cipinang, beras stock punya Perum Bulog juga memenuhi keperluan sampai bln. Mei 2017 yang akan datang.

Tetapi, dianya tak mengatakan berapakah keseluruhnya stock beras di Indonesia mendekati Natal serta Th. Baru 2017.

” Stock Bulog juga aman hingga bln. Mei 2017, dengan adanya ini tak ada kecemasan stock beras lantaran bln. Maret serta April telah masuk saat panen, ” tuturnya.

Dengan itu, pihaknya menanggung untuk Hari Natal serta Th. Baru 2017 tak ada gejolak harga beras akibat kekurangan stock.

” Jadi dengan hal tersebut tak ada argumen gejolak harga dari stock beras, ” tegasnya.

Disamping itu, dari hasil pemantauan yang dikerjakan di beberapa pasar sebagai sentral perdagangan barang keperluan pokok seperti di DKI Jakarta, Bandung, Cirebon, Kuningan, Palembang, serta Medan, Kupang, Manado, Ambon sampai Manokwari, harga sebagian komoditas terpantau turun.

Harga cabai merah keriting, cabai merah besar, serta bawang merah per tanggal 22 Desember 2016 turun dibanding minggu lantas. ” Tetapi, di banyak daerah juga ada kenaikan harga, ” kata Enggartiasto.

Mengenai untuk komoditas gula serta minyak goreng, Kemendag juga sudah lakukan koordinasi dengan pihak berkaitan dari mulai produsen, distributor sampai ritel, serta dinyatakan supply ada dengan harga stabil.

” Mulai sejak saat ini stock gula mengkonsumsi aman hingga empat bln.. Minyak goreng berlangsung kenaikan sedikit pada satu dua minggu lantas serta telah saya panggil (produsen) tak bisa ada kenaikan serta disetujui tak bisa keluar dari harga referensi, ” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *